103 comments on “Menghadapi Suami Pemarah

  1. wah sama sama…repot …di tanya aja emosinya di besar2kan ..aq lebih sering mengalah tp tetap aja jadi wanita yg serba salah…justru semakin menjadi..hmmm

  2. Para suami itu cuman punya 4 “TAU”
    SO’ Tau, gk mau tau, pura-pura tau, padahal gk tau

  3. suamiku jg pemarah skl. salah dikit aja langsung marah luar biasa, memang nyesel sih, kenapa waktu pacaran dulu tidak keliatan, kalo dunia bisa diputar mending gak nikah sama orang pemarah gt, but sudah terlanjur ya hrs sabaaaar aja and lebih mendekatkan sama Allah

  4. suamiku juga pemarah, temperamental…. karena perbedaan umur dia lebih muda dari ku 10tahun. bersabar dan selalu bersabar… rasanya aku jadi sakit otak nahan persaan ku… klo tuhan memberi ku kesempatan, lebih baik aku ga pernah kenal dia sama sekali… aku ga pernah bahagia…

  5. Menyebalkan memang punya suami yg temperamental.Mintanya di mengerti tapi tidak mau mengerti.Kalo lagi marah,aku harus ikutan marah kalo aku diam,dia akan semakin di atas angin dan semakin mencaci maki aku karakter yg susah untuk di rubah.Menyesal?Sudah terlambat.Hanya belajar sabar utk menghadapinya

  6. Serba salah menghadapi suami yg pemarah. Kadang2 diri kita sendiri sebagai istri, disalahkan tanpa sebab yg jelas.
    Bila Istri harus terus mengalah,….. sebenarnya sampai kapan?
    Bila Terus bersabar, ……. terasa terlalu hambar dan tidak seimbang.
    Bila ……….,
    Bila ……….,
    Bila …………..?
    Menyesal kemudian pun percuma. Hanya rentang waktu yang panjang, yang mampu menjawab kapan Suamiku yang pemarah akan mengubah karakternya menjadi Suami yang penyabar.
    Harapanku……., Semoga suatu saat nanti……., Suamiku akan menjadi suami yang sabar, dan penyayang bagi keluargaku. Amin…..!

  7. iya..hrus sampai kapan untuk bersabar? bkn mikir anak mah g dah tinggalin d aja..dasar laki2 ga tau diri,SOK!! boro2 mau minta tolong…liat wajah nya yg suntuk aja dah nyebelin.NASI JADI BUBUR

  8. tadinya sih ngalah.brkl bs sadar, eh bukannya sadar malah dianggapnya ngga berani. skr sih klu dia pukul meja..gua jg pukul meja. dia nglempar gue.tak balas lagi> biar ngga sakit hati. orang tua gue ngga perlakukan gue gitu.

  9. susah jg klo punya suami pemarah,krn apapun yg kt lakukan pasti semua serba salah,apalagi klo ilmu agamax kurang,,,pasti lebih parah.bkin ini salah bkin itu salah….jd buat para istri kyajx satu yg pantas diucapkan”SABAR”

  10. bener banget semua,suami q baget ini,klo aku yg ngalh mlh jadi betingkh,semoga saja dia bkl berubah dan megerti krn ku ga bisa hidup tanpa dia mau ga mau hrs sabarrr

  11. ya tuhan kami, anugerahi kami pasangan dan keturunan sebagai penyenang dan menyejuk hati kami dan jadikan kami pemimpin orang-orang yang takut kepadamu.
    semoga allah menganugerahi kami -para suami- sebagai penyenang dan penyejuk isteri dan bertutur kata lembut amiin

  12. ya Allah.. berikankanlah kesadaran untuk suami2 kami bahwa kami sangat sedih dan tertekan dengan perlakuannya… Aminn

  13. hiks…ternyata banyak jg yang bernasib sama sepertiku…cuma bisa berdoa smg Allah melembutkan hati dan perangainya. Amin…

  14. Ternyta bknn hanya aku yg merasa malang menikahi pria t
    Temperamental bgt,sdh antiklimaks rsanya,kasar stiap detik sejak menikah…y اَللّهُ..knp begini pernikahanku,kasian anakku melihat kekasaran ayahnya padaku didepan matanya.belum lg mertua perempuan yg seperti mencuci otak anaknya utk mkin mmbenciku,cobaan apa ini?apa cerai hrus jd jalanku???

  15. saran sudah dilaksanakan, terima kasih atas artikelnya… tapi perubahan di suami belum ada, saya berusaha sabar melaksanakan semua kegiatan seperti biasa dan tidak mengurangi porsinya
    saya berusaha berbahagia, tapi tetap sulit…
    bagaimana caranya agar kita sabar dan berbahagia dengan kondisi ini….

  16. suami saya bener-bener suka marah… sampe saya tidak berani hamil… mohon saya dibantu, untuk mengatasi perasaan saya, atau memberi saran, sebaiknya saya melakukan hal-hal apa yang baik, selama ini saya tetap melayaninya… tapi, untuk hamil, rasanya ngga mungkin, takut banget

  17. ku pikir hy aku yg bernasib malang, ternyata byk bernasib sama. Ini suamq bgt….kalo marah minta ampun spt kemasukan setan dan suka memukul, biar hal2 kecil selalu di persoalkan……ingin rasanya lari meninggalkannya tapi ku pikir gak ada jg yg abadi di dunia ini, smua pasti akan kembali ke sang pencipta, Allah SWT gak pernah tidur…..

  18. ,nyesal aq ketemu ma dia.kalo aja waktu bisa di putar dibayar berapapun aq gak mau nikah ma dia.untung aja punya mertua yg baik,klo gak udah aq tinggallkan dia.

  19. Ya Tuhan…. ternyata aku tak sendiri….. byk wanita2 yg mengalaminya….. bagaimana klu kita buat Group baik itu BBM or yg lain , dan gunanya untuk tempat share bagi sesama krn aku pun pada saat kekerasan itu terjadi ingin rasanya mencurahkan perasaan tetapi kadang kita tak berani bila curhat itu di ketahui oleh orang yg dekat krn kita tak mau mrk tahu tentang masalah dalam rumah tangga kita….
    ohya ini group BBM ( Blackberry Messenger) “Curhatan Hati” add aja yea 211EC51F…….. semoga bermanfaat

  20. emang bener,beda bnget pada saat pacaraan,dia begitu lembut dan jarang marah,namun sekarang,hal sepele pun bisa jadi masalah besar…mw gimana lagi…sudah ada buah hati kami se ”baby” …harus banyak bersabar menghadapi suami PEMARAH…………

  21. sampai dimana kesabarn manusia bs bertahan, mkn klo melihat anak yah bisa terobati. tp kadang kala sdh kelewatan, mkn tdk bs berubah yah sifat yang seperti itu.

  22. seumur hidupku, baru sekali ditampar. itupun suamiku sendiri yg melakukannya. hanya masalah sepele saja, dia marah besar. krn kami sama2 orang keras, tdk mau mengalah. tp untuk ke dua kalinya, aku gak bakal terima. mgkn aku akan balas lagi

  23. suamiku adalah yang terbaik untukku menurut Allah, dan harus ikhlas menerima segala kekurangannya…..mengalah bukan berarti kalah saat ia bersikap tempramen, hanya kepada Allah saja berserah diri, karena hanya kepadanya tempat kita mengadu

  24. ya,,allah sama bgt,,,ternyta bukan cuma aku z,,,aku sampe bingung harus bagaimana ngadepinN jalani semua ini….

  25. q sllu berusaha utk mengalah dn sabar menghadapinya,,tp dimatanya q tetp slah tdk prnah bnar,,,suka menyudutkan dn bnyak menuntut,,rasanya sprti jd istri yg ga punya arti apa apa bgnya

  26. Bner bgt!gr2 aq0e hmil d luar nkah,trus akhrnya keluarga nya nglamar aq n nikah ma dy,tpi stlh nikah,dy slalu marah2,nyudut in aq,knp pke acara hamil sgla,”coba saja km gk hmil,kt gk akn nikah,n masa muda q gk akn hlng”tandas nya. ..Parah bgt khan. .dy yg nanem benih,aq yg d salah2 in. .west ud gt,sben hr marah gk jelas,l0k maw ny gk d ikut in dkit ja,dah mencak2 kyak setan,sm0ga q kuat dlm menghadapi suami yg keras ini,dmi baby yg sdang q kandung..AMin. . .

  27. yah agak nyesal aja kalau tau pemarahnya kelewatan begini ….tapi segi positifnya juga banyak….yah yang terbaik ya bersabar

  28. Sepertinya memang wanita harus mengalah… & terus mengalah… hmmm terkadang capek & sering menangis sendiri .. demi anak2 aku bertahan dengan semua keadaan ini..Ya Allah engkau maha pengasih & penyayang… berikanlah kelembutan hatimu pada suamiku.. semoga saja Allah mendengar doaku… & doa kita semua..Amin YRA.. buat semuanya jangan menyerah ya.. banyak sekali orang2 yang mengalami perlakuan spt ini… tetap semangat yaa… smoga semua keadaan bisa berubah..Amin

  29. Ak bingung harus gmna.. soalnya posisi ak sbg anak. ak suka kesal skaligus sedih kalo udah liat org tua marah2 krn awalnya bpaku yg pemarah itu. shg ibuku jg ikut2n marah, ngedumel2. ujung2nya kalo ibuku curhat ttg bpaku, ak suka diem krn kesal.
    Stress jg kalo udah dlm kondisi kaya gini, ak harus ngmong gmna dan apa yg harus aku lakukan ya :( sampe kpn ya bpaku bisa berubah..
    yg dirugikan kalo kaya gini kan anak jg. sedih n kesal liatnya.

  30. Masyallah ibu engkaulah penghuni surga maka ikhlaskanlah kepada allah dalam menghadapi sifat suami2 kita dan berdoa’lah supaya suami di berikan kelembutan hatinya sbg pemimpin keluarga karena hanya allah-lah yg membolak balikan hati seorang hamba bila kita saling curhat keadaan rumah tangga kita tidak akan ada yg adem ayem karena pernikahan itu menyatukan dua sifat yg berbeda nah tergantung kita bgmna menyikapi sifat-sifat itu saya juga manusia tdk lepas dr ketidaksempurnaan ada kalanya saya kesel thp suami suka marah tp saya berusaha mengalihkan kekesalan dan kekecewaan saya sama membaca al quran dan berdzikir agar hati saya tenang….semoga bermanfaat

  31. swmiku pemarah bgt,sumpah q tekanan btin bgt,mkanya mpe skrg q blm hmil,sdih bgt pny swmi kyk gt,dah br5bar,tp dy menjdi2,jahat bgt,pgen p5ah ra5anya,tp q malu nyandang sttu5 janda. .
    malang bgt na5ib aq
    T_T

  32. Aq hanya bisa pasrah dan hanya bisa berdoa..semoga اَللّهُ mendengar doa2 q..krn hanya اَللّهُ lah yg bs merubahnya..krn sesungguhnya اَللّهُ maha berkehendak…

  33. Aq hanya bs pasrah dan hanya bisa berdoa kpd اَللّهُ. Karena hanya اَللّهُ lah yg bs merubah nya..krn sesungguhnya اَللّهُ maha berkehendak..semoga اَللّهُ mendengar doa2q…

  34. ya allah aku selalu ketakutan selama menikah krn tempramennya suamiku ya allah rubahlah hati suamiku menjadi lembut dan penyabar juga penuh kasih …amin…kuatkan aku ya allah..

  35. kirain cma aq doank yg punya nasib begini, dah aq ga punya siapa2 saudara ga ada, ga ada yg bela n ngayomi, jdi ipar2 dan mertua anggap remeh sm aq. N suami juga temperamental, suka banting2 barang, padahal perekonomian kami juga sulit. Pengen mati aq rasax tapi ingat anakku..Tlng gmna cara menghadapix. Thx

  36. pusing klo dpikirin trus mlah ktany jd strees y skrg mh life goes on aja badai mdah2an coet brlalu

  37. for felicia dont make confuse about that we just wish everythink gonna be find mskpn qtq g tau itu will the end we just pray pray n pray

  38. teman teman,ternyata bnyk permpuan yang merasakan hal yang sama setelah menjalani hidup berumah tangga.saya sendiri mengalami bagaimana harus bersabar dalam menghadapi suami saya yang sangat pemarah.walaupun hidup kami terpisah,karena suami kerja di luar kota tapi kalau lagi marah,ampun saya,badan saya sampai kurus,pikiran saya kemana2.smsnya kata2nya bagai menampar muka saya.saya udah tau dari semenjak kami masih pacaran,bahwa dia sorang pemarah.tapi karena cinta saya yang begitu besar kepadanya.tamparan2 kata2 dari suami saya,saya anggap sudah biasa.hanya yang bisa saya lakukan semoga allah mendengar doa2 saya semoga suamiku selalu dikaruniai kesabaran,hati yang penuh kasih sayang,hati yang penuh kelembutan dan semoga rumah tangga kami langgeng sampai tua.dan satu hal yang selalu dia ancamkan kepada saya,kalau.dia lagi marah adalah dia mau menikah lagi.dan itu yang sering dia ucapkan kalau lagi marah dan yang pastinya stu yang saya lakukan hanya BERSABAR.

  39. Suamiq jg kyx gtoe,.wlau kdng2 dbkin kesel&kcewa.alhmdulilah smpai skrng ak msh bs mengatasinya diusia pernikahan yg ke-6

  40. maksudx,,bagaiman latar belkang suami anda di dalam keluargax,,mungkn saja pngruh lingkungan/ seprti dalam lingkngn keluarga yg membuatx bersifat temperamentall..atau diturunkan oleh ayah / ibux,,seprti itu,,

  41. ternyata beberapa bernasib sama, punya suami suka marah2…dikit2 marah, marah kok dikit2. pernah gw ngomong gitu, saking udh muaknya…hehhe. smoga di lembutkan hatinya dan gw di berikan kesabaran.

  42. banyak wanita mengalami hal yang sama seperti yang saya rasakan, kalau lagi baik suami baiknya luar biasa, saat marah barang bisa di tendang, berteriak di depan orang banyak, bahkan pernah memukul dan mengancam mau membunuh, saya yakin ALLAH SWT tidak tidur, hukum karma pasti berlaku……..

  43. Alhamdulillah…ternyata ada juga teman sepenanggungan. Saya tidak tahu harus mengadu kemana, karena semua akan jadi serba salah. Hal ini benar2 sedang saya alami sekarang. Suami saya sensitif sekali, sehingga apapun yang terjadi akan menjadi kesalahan saya. Salah bicara saja jadi masalah besar, sms lama terkirim aja aja ngamuk2 (padahal sms terkirim cepat ato ga kan tergantung jaringan…:(:(…). Ada tugas ke luar kota, ngambek….alasannya karena terlalu cinta dan takut kehilangan…ah…cinta macam apa itu?…Awal2nya saya sering ikutan emosi, karena tersinggung dan ga terima diperlakukan seperti orang “ga bener” dan saya merasa seperti orang dungu dimarahin hampir setiap hari. Tapi lama2 saya cuek aja….biarkan dia melakukan apa yang dia mau. mau marah, mau kasar, mau ngata2in saya seenaknya, terserah!!!! yang penting saya tidak merasa melakukan apapun yang sekiranya akan mengganggu rumah tangga kami, dan tidak balas bertindak “gila” seperti suami saya. Karena saya juga punya tanggung jawab yang lebih penting terhadap anak saya. asalkan saya tetap berusaha menjadi istri dan menjalankan tanggung jawab sebagai istri di rumah dan di luar rumah. Apapun yang terjadi selanjutnya, saya serahkan pada keinginan suami saja. Saya hanya ingin mempertahankan rumah tangga saya dengan kesabaran. Selebihnya saya tawakkal aja. Semoga Allah membukakan hati dan pikiran suami saya untuk menjadi kepala rumah tangga yang lebih baik. Saya pasrahkan kelangsungan rumah tangga saya kepada Allah SWT……

  44. Dulu q jg gt,malah lbh parah.
    Q sering dipukul sampai biru lebam bahkan berdarah2.
    Tp skrg dy gk berani lg,gara2 pernah g tinggalkan dy pulang kermh ortu q diluar negri,n mau gak mau dy harus jd single parent buat 2org anak kami yg masih balita,merasakan pahit getirnya kehidupan tanpa istri..,
    uang gajinya habis cuma buat byr pengsuh,sdngkan g hidup berkecukupan dgn ortu q,
    setaun lamanya dia memohon2 agar g kembali pulang,krn gk sanggup ngasuh anaknya yg hiper aktif..,
    tp krn rasa kasian q terhadap anak2ku,makanya q kembali lg sm dy n dgn catatan dy gk blh lg kasar n hrs lbh bnyk mendekatkan diri sm tuhan,n ternyata insya allah sikap ku berhasil ngubah dy..,skrg suamiku gk lagi terlalu tempramental n lbh penyayang dgnku..,meskipun terkadang sifat pemarahnya timbul tp alhamdullilah masih bs ku atasi.

  45. wah baca komen2 yg diatas,,jd merasa tak sendiri menghadapi suami yg sedang marah2 or pundungan…td siang sih berasa nyesek bnget diati, sekarang malah merasa enteng aja bawaannya…semoga dengan doa2 suami2 kita dibukakan hatinya agar lebih sayang sm istri n anak2nya..Aamiin.

  46. kayaknya kuncinya cm satu, sabar en ngalah dengan tujuan untuk kebaikan rt kita. satu lagi, cuekin aja sikapnya yg dah kayak gt..anggap aja makanan sehari2, meski negg…masuk telinga kiri keluarin lg telinga kanan….key!!

  47. suami gue kaa begitu, melakukan kesalahan sedikit aja emosinya langsung tinggi

  48. ternyata aq gak sendiri, suamiku temperament bgt.. blm genap 1 bln nkh udh maen tangan n banting2 brg, pmukulan brlangsung mpe usia prnkhn kmi 1 thun lbh.. truz dy gak maen pukul lg cz diancam sm pihak kluarganya sndiri yg lawyer. tp kata2 kasar n banting brg msh..
    skrg saat usian prnkhn kmi 1,6 thun aq ngrasa g sanggup lg..krna tiap ribut dy slalu ngancam n bikin q kabur dr rumah,, tp udhnnya dy mhon2 biar aq balik n jnji mw brubah..
    tp bgitu udh breng lg trnyata dy gak brubah juga..
    aq milih pulang ke rumah ortu aja,,mumpung q msh muda n blm pnya anak.. jd lbh baik aq mngabdi aja sama ortu.. urusn jdoh yg psti aq gmw slh pilih lg..

  49. Cuma bisa (╥﹏╥) kalo suami udah keluar tempramentalnya. Nyesek, sakit hati. Ga bisa di ajak sharing, bisanya cm marah2, suka banting barang. Kalo udah kaya gitu ga tau kenapa rasanya nyesel nikah sm dia, pengen pulang ke ortu. Saya sayang banget sm suami, tp klo kaya gini trus ga tau hrus gmn, cm tawakal sm Allah. Mudah2an suamiku bs berubah lebih baik.

  50. Hhmm,,,trnyta bnyk skli yg snasib sm sy..sy d sni mzih pcaran cma pasngan sy tempramen skli,,klw uda mrah pzti brakhir dg memukul,,sy prnh d pkul smpe memar hngga berdrah.nyesal jg sch knal ama dy,mw sy tnggalin tp mzh brpkir karna sy pcran ama dy uda klewat btas uda kaya suami istri gthu.tp drpda mnyesl nant klw uda nikah sy hrz brpkir lg utk bza sma” lg ama dy..Mudh”an dy bza brubah

  51. sy paling ga bisa sabar menghadapi suami tempramental, selalu terpancing emosi,,makanya buat perempuan yg blm menikah, harus ekstra hati2, dan teliti sblm menikah..

  52. suamiku jg temprament… sumpah deh bikin sesek dihati klo dy udah ngomong dgn kasar. ak ngerasa g berharga, klo suamiku marah ucapan2 kasar n kotor keluar deh dr mulutnya, klo marah bs smpe brhari-hari. Yaa Allah nyilu hatiku dengerx. apalgi klo tengkarnya lewat SMS, SMS dy serasa menampar pipiku… klo udah gt ak cm bs nangis n ngeliat anakku yg msh balita, ckup membuatku kuat dgn melihat anakku.. jujur anakku yg mmbuat ak bertahan, ak cm tidak ingin anakku memanggil ayah dan ibu pada org lain… ak ingin tetap mjdi ibu dr anakku, dan dy mnjadi ayah dr anakku.. ak g pernah mengharapkan perceraian… smg Allah mmeberiku kekuatan dan kesabaran untk mnghadapi suamiku. gapapa mskipun ak hrs sllu ngalah, yg penting rmh tanggaku tetap utuh… demi anakku yg amat ak sayangi, dy g berdosa dan dy tdk mngerti apa2…

  53. Terimakasih.. atas saran nya.memang pada dasarnya suami yang tempramen perlu kesabaran dalam menghaadapinya.. namun terkadang, kita sebagai istri kewalahan menghadapinya.. satu kata kunci agar pernikahan tretap bertahan seutuhnya adalah dengan “bersabar” karena Allah tidak akan memberikan cobaan kepada umatnya jikalau umatnya tak mampu memikulnya..

  54. suami gue juga begitu,,kalo marah pasti berakhir dgn cara pukul ,,bikin gue stress bgettt,,,skrg gue smakin benci dia,,kalo bukan karena anak2ku,,,gue akan tggalin dia..mentang jadi lelaki sok kuat aja beraninya pukul istri,,,,gue jdi sedih punya suami bgitu dan srkg saya hanya bersabar aja,demi anak2ku,

  55. alhmdulilah walaupun suamiku sekarang sering bgt marah,tp cuma karena bawaan bayi.karena skarang aku sedang hamil tua.
    saat pacaran,ia pernah marah n memukul aku sampai berdarah.tapi aku tidak diam,saat ia marah lg aku yg balas memukulnya.aku pukul dia sampai ia benar2 sadar kalau dia yg mengajariku berbuat seperti itu.

  56. suamiku juga, salah dia dia langsung naik darah, maki maki tiada henti, aku cuman bisa diem ajaa..
    tp lama lama dia langsung jd orang yg paling baik sedunia, manjain dan sebagainya tp skalinya bkn salah lg wuuuh dia tibatiba naik darah gakendali..

  57. selalu saja wanita yang mesti pro aktif terus untuk memahami,memahami, dan memahami suami yang temperamental, makin qt mengalah, bukannya makin ngerti kalo qt juga punya kontribusi untuk bantu dia menurunkan kadar temperamentnya, malah makin arogan saja. mawnya cuma didengarkan, sekalipun dia menghina dan mengkritik pedas istri, istri tidak ada hak untuk complain…saya sudah hampir 20 thn mengalami tekanan dgn suami yg temperamental seperti ini, tapi sampai hari ini dia sama sekali tidak berubah lebih baik. dia tetap konsisten untuk selalu menyudutkan saya. saya bicara bukan ke dia, tp menurut dia ucapan sy salah, langsung aja dia kritik habis, tidak peduli saya bicara dg siapa. sampai hari ini,demi anak-anak saya masih memilih sikap bertahan. saya sekarang seperlunya bicara ke dia. Pilihan terakhir memang lepas dari hidup dg watak temperamentalnya ini. Saya belum dapat menemukan cara membuat dia berubah lebih santun, semoga Allah menunjukkan jalanNya kepada saya yg terbaik.

  58. ya, 4wl.. byk sekali wanita yg bernasib sama.suamiku baik,penyayang tapi ketika marah,, dia mengamuk g karuan,g peduli,, tu ada orang apa enggak!pdahal semua permslahan tdk boleh kedenger org laen.. pas marah,dia bentak bentak kayak q anak kecil aja!bikin q maluuu bgt!!dan itu trjadi juga ma mertuaku!q g dianggep sbgai menantunya,tp cucunya,yg ketika py salah harus dimarahin ddpan org byak!!rasanya g betah hdup ma mereka,. tp pengen PULKAM rumah ortuku jauh diluar jawa!!!ya 4wl,. hya engkau yg tahu.. apa yg terjadi padaku..

  59. aku sbenernya blum da niatan buat nikah muda,org aku bru lulus SMA udah d paksa nikah sama bpa aku ma co aku yg bru pacran 7blan,dari sanalah mertua aku g pernah ngehargain aku,slalu menyepelekan,apalg mertua yg laki nganggap aku twuh anak kecil yg g berharga sama skali,kalo salah dkit marah2nya minta ampun bentak2 aku d dpan org bnyak d tambah suamiku pemarah dan kalo aku complain dkit lgsung mukul,,skarg usia pernikahanku udah 1th 7bln,ortuku pun seolah tdk pduli akan kemalangan nasibku.

  60. suamiku juga pemarah banget salah sedikit langsung ngamuk ama anak juga tak ada kontak .nyapa jua tak pernah aku bertahan cuma karena anak dan mertua

  61. bener tuch cara mengatasi suami yang memiliki sifat tempramental itu jalan satu2nya adalah jangan membuat keadaan jadi lebih panas ketika emosinya lagi meledak2…emang sich kadang kita pun lelah untuk selalu mengalah tapi sifat buruk itu juga gak bisa hilang secepat kilat butuh kesabaran ekstra tinggi untuk menghadapi sifat n wataknya itu…tapi percaya dech kalo kita sabar, dan jika dikomunikasikan dengan baik dengan suami kita saat emosi nya mulai reda…insy4JJ…bisa diatasi…

  62. ya allah bantulah kami untuk keluar dr mslh ini.
    baru 3hari menikah suamiku udah mukul nukaku dan jambak rambutku.
    sakit rasanya.
    rasabya ak ingin berpisah krn dia ga akn pnh berubh
    Bagi yg belum menikah kenali dulu dia,sebelum menyesal menikahinya.
    Berikut ciri suami pemarah dan suka mukul:
    egois,curigaan,slalu cek hp,membatasi pergaulan,moody,terkadang sayang tp jg cepet emosi,suka menghina,suka menggunakan bhs binatNg jika lg marah.
    Itu semua sifT suamiku,dia jahat,ak g kuat lg hidp sama dia,ak ingin pisah tp ada bbrp hal yg msh ak pertimbangkan.
    Y allah tlg hamba.

  63. hallo mbak felicia sabar ya jangan lupa berdoa tabah ya mbak, kalau mbak memang tak punya siapa-siapa seandainya ingin boleh kok kita berteman saya juga sendiri jauh dari keluarga.
    saya doakan semoga mbak di beri kekuatan juga kesabaran dalam menghadapi cobaan.

  64. hallo dhera saya ikut sedih kok teganya orangtua sampai tak peduli. Dhera masih muda mumpung belum ada anak cari kesibukan umpanya kursus atau cari kerja yang penting harus keluar dari rumah,sampaikan sama suami dengan baik -baik bahwa dhera ingin sekolah lagi,apapun tanggapan dia dhera jangan takut hadapi aja tunjukan kalau dhera juga mampu,apalagi bpk mertua tak menghargai.mulai sekarang dhera tak usah lagi ngadu sama suami agar tak di kasari lagi,syukur kalau suami dhera mau biayain sekolah dhera.kalau tidak coba cari kerja di toko-toko berusaha aja memang tak mudah nyari kerja,tapi cobalah ya.saya doakan semoga dhera dalm lindungan Allah selalu.jangan putus asa.

  65. sama suami ku jg seperti itu,bahkan klo marah sampe pukul kepala nya sendiri nyakiti diri sendiri, kdng aku takutt :(

  66. Y ALLAH, Tnyata bnyak juga yg mengalami hal sepertiqu. Saat suami marah bhkan banting barang2, atw smpai mukul, remuk rasanx hatiqu. MAu ngadu sm keluargaku, q malu. Cz q nikah sm dy jg bkn krn djodohkan, krn mau qta. RASANYA INGIN SEKALI PERGI JAUH JAUH DARINYA.

  67. Dada sesak,sakit bla menghadapi suami tempraman bla marah semua barang ancur,lemari kulkas pun bisa jd sasaran. kapan suami q bisa merubah sifat kasarnya dengan berdoa,memohon pd sang penciptanya Allah swt tapi belum ada jalan tuk mengatasinya karena suami q gk pernah beribadah ato pun sholat apalagi berdoa.mudah mudahan suami q di beri jalan dan bukakan hati dan pikiranya dan pertemukan orang yg bisa menasehati yang tepat untuk merobah sifat dan karakternya yg kasar bisa melembutkanlah hati suami q aamiin.

  68. Saya sering sabar dan selalu mengalah,malah saya sering dianggap istri pembawa sial,semoga saya terus diberi kesabaran sampai akhir hayat,semoga kalian juga para istri

  69. ku doakan semoga kalian semua di beri kesabaran juga ketabahan,semoga Allah melindungi kita semua

  70. Kalau sy masih pacaran, dulu dia yang ngejar, npacaran banyak berantemnya, tindakannya juga konyol,awal pacaran pengen selalu putus tapi tidak bisa dia mengejar dengan cara yang buat selalu luluh, sampai akhirnya kembali dan kembali lagi,walaupun ada cowok lain tetep setia sama dia sebnarnya dulu waktu awal pacaran juga udah ragu, tapi dia berusaha dengan caranya sampai luluh dan sayang..lama2 sifat aslintya dia keluar, suka buang hp, helm , tinggalin motor dijalan dan masih banyak lagi kalau lagi berantem tapi belum pernah main tangan, pacarn dr 2009 dia juga banyak bohong, dan ingkar janji sampai usia pacaran 4 tahun, rencana nikah juga berkali kali gagal,benar benar menguras emosi, sayang tapi juga capek, soalnya kadang perhatian banget dan memanjakan banget jadi luluh terus, tapi kadang juga suka menghilang…nah pada saat menghilang inilah curiga bahwa dia ada selingkuhan, ternyata menemukan akun facebook seseorang yang suka jalan bareng sama dia..sampai 8 bulanan baru ketahuan, kenapa karena dulu saya percaya sama dia, dia pergi gw pun cuek ngga nyari…si cewek bilang status pacaran n cowoku menyangkal….sampai dia sakit tipus n ingin kembali dan minta maaf..si cewek itupun pergi jauh dari kehidupan kita…tapi dalam hubungan pasca menemukan facebook itu jadi tidak percaya dan suka berantem terus…janji cowokku untuk perhatian sudh tidak ada lagi, sekarang kejadian facebook itu terulang dengan menemukan sms si cewek itu lagi, aku tanya cowokku emosi banget sampai membanting hp, dan keluar kata kata kasar didepan temanya dia intinya dia bilang ludahin saja wajah saya ke temannya tersebut, benar benar itu menyakitkan buat saya, tapi anehnya saya masih saja memaafkan, dan dia berharap untuk berubah, perlu diketahui dulu yang buat ragu dia lebih muda 4 tahun dari saya,dia menyakinkn bahwa itu tdk masalah dan menunjukkan keseriusan….yang bikin suka berantem dia suka janji tapi selalu dingkari bila dibahas dia akan marah….untuk kondisi sekarang sudah tidak bisa sharing lagi, n pacar juga sudah tidak perduli tapi kenapa saya bodoh banget masih mencintai orang semacam ini..kalau ada psikolog yang baca apakah orang semacam ini bisa berubah???misalsy putus dgnya dan dia bertemu dg orang lain apakah dia bisa baik???atau emang karakternya seperti itu…benar2 tersiksa karena skrg sy masih mencintai, tapi diayg tidak peduli…..Tahajudd, Dhuha n sholat semoga di terima Allah SWT semoga di terima amalan dan di kasih jalan yang tebaik……dan bila bukan takdir semoga bisa membuka hati u orang lain..semoga masih ada kesempatan menemukan orang yang saleh, baik, Aamiin

  71. baca coment diatas rasanya sperti menemukan satu komunitas baru dalam hidupku,bener banget smuanya,aku enggk bisa cerita lg apa yang kurasakan,,pengalaman yang sama ada diatas,yang paling menarik adalah kesimpulan yang menyebutkan sifat temprament dilatar belakangi kebiasaan dn keseharian keluarga jg dipengaruhi lingkungan serta kurangnya didikan orang tua tentang agama dan etika.., yang jadi korban pada akhirnya istri,masih mending mertua dan keluarganya mengerti dan memahami si menantu,kalo tidak jiwa dan raga seorang istri terancam,kata sabar tidak selmanya jadi obat penenang,rasa sakit dan capek itu tetap ada, dan yang paling menghawatirkan bagi seorang istri yang memiliki anak perempuan jangan sampai anak prempuan kita yang mendapatkan karmanya,jangan sampai dapat suami yang kasar,sakit rasanya bila itu terjadi.

  72. Aq pikir cam aq sama yg Bernasib sperti ini , skrng aq lagi hamil n suami temperament Dan ga per nah memberi nafkah sama sekali,sehingga harus aq yg membiyayai kebutuhan rumah tangga ,…stress Dan sedih sekali ,tersiksa luar biasa

  73. Ternyata banyak juga yang sperti diriku,suami kasar,tutur katanya kasar,suka maen tangan,aq malu dgn orangtuaku,sudah berusaha bela2in suami,tidak bisa ku ungkapkan rasa penyesalan menikah dgnny,bila dia tidak suka caraku nasehati aq dgn baik,bukan kata2 kasar yang membuat hatiku sakit…sampai kapan aq bisa sabar?kdgpun sudah putus asa rasany,mending aq hidup sendiri bersama anak2ku dari pada harus hidup dgn suami tempramental…bantulah aq,aq mohon rasany sudah tidak kuat 2A4A3B67

  74. Aq menikah sudah 4 thn,stlah menikah rupany suami pnya kekasih sblm kami menikah,stlah itu aq hamil dan pada masa kehamilan suami sering plg mlm,dan pergi dgn wanita itu.masa kehamilan 9 bln aq sering menangis rasany tidak kuat suami maen dgn wnta lain..stlh kelahiran ank pertama suami mau berubah dan tidak lagi berhubungan dgn wnita itu,aq sbgai istri cuma bisa memaafkan,stlh skian bln aq hamil ge dan pada masa kehmilan itu suamiku jadi kasar,kehamilan 3 bln aq dipukul hanya krna aq marah krna mendapati dia berselingkuh lagi dgn wnita lain,sungguh rasanya tidak kuat,suamiku sangat tempramental ank pertma ku yg masih kecil pun pernah ditamparny krna dy nangis,suamiku tidak suka mendgr anak menangis,sedih rasany hati ini melihat suami yg aq syg begitu menyakiti aq dan ank2ku,stlh ank kedua ku lahir suamiku makin menjadi2 klo marah kata2nya kasar ibrat ditusuk berkali2 tapi tidak mati,itulah yg kurasakn,sakit skli,tidak sepantasnya suami ku sperti itu,rasanya pengorbananku sia2,aq ceritakan masalah ini dgn keluargany,aq berharap mengerti dgn keadaan ku,malah aq dblg disuruh mengalah trus,smpai kpn aq harus mengalah trus,kesabaran itu ada batasny,krna sudah tidak kuat aq pergi dri rmh dan membawa anak2ku plg kampung,disaat itu dy sgt menyesal smpai memohon tuk aq kembali,dy juga minta maaf dgn klrga ku,5 bln aq dikmpung,akhirny aq melunak krna kulihat dy benar2 tulus,akhirny aq kembali krmhku,kutinggalkan orgtuaku,kluarga ku dikmpg,aq berharap kdpnnya kami lebih baik,sesampai aq dirmhku rupanya sifat suamiku blm brbah,yg namany bermh tangga pasti ada yg diperbincangkan,tapi suamiku malah seperti dulu sdikit cuma yg dibicarakan kata2nya kasar lagi,sampai dy blg,cepat aja kamu mati biar anak2 bisa aq dapatkan dan aq bisa menikah dgn org lain,sungguh miris hatiku mendgrny,tidak ku sangka begitu kejamny suamiku,aq benar2 tidak kuat,sehabis sholat aq mengaji tuk menenangkan diri,tapi yg namany manusia kekuatan ini tidak selalu kuat,bagi yang membaca artikel ku ini,aq mohon tolong berikan aq solusi,dan doakan aq menjadi istri yg dari kejauhan bisa mencium harumny aroma surga krna smua ini aq ridho Allah swt

  75. Aq jg sama..skali baca disini byk bgt tmn yg nasib nx sama..suami q kekanakan,egois,ga prnh ngerasa salah.. Cm aq bkn type penyabar..dia maki aq kasar..aq bls lbh kasar.. Dia prnh lempar barang aq ambil n lempar lbh keras..aq type ngelawan..suami q dr nikah 7thn dl nx srg bgt klr mlm, hoby judi..dr kartu,judi online,domino,segala macam! Utang sana sini,kartu kredit utang numpuk bahkan emas q di gadai n ga prnh balik ĽªGë..ujung2 nya dipegadaian ampe dilelang..aq kerja dia kerja jg..emank seh kbthn anak n bulanan dia biayai, tp ujung2nya pake krt kredit n utang gali lubang ttp lubang gt..klo ribut n ngmgin dia dia maki2 marah2 bhs kotor klr smua..bhkn ngmg ttg ‘Cerai’ n ngusir aq plg kermh ortu q’ aq jwb dia ‘jgn belagu ini rmh pny ortu mu n bkn pny km..mo cerai bikin aja surat n tgl q teken aja’ dia jd diam klo uda aq jwb gt..slm ini blm prnh kasar maen tangan yg brlebihan..sekedar dorong,lempar brg ke aq prnh..n aq slalu balas..aq nantang dia n anak2 q slalu bela aq..(Umur 6thn n yg kcl umur 3thn lbh) anak q prnh blg klo ngusir mama,kami ikt mama biarlah papa sndirian..suami q type sayang anak..ga prnh kasar sm anak..itu kelebihannya..tp tiap ribut slagi aq mrs aq ga salah aq ga akan diam,ngalah krn dia bakal ngelunjak n lebih parah maki2 nx..jd aq musti triak lbh keras dr dia..mertua pun msh bela aq n sering nasehatin dia..dia klo marah pg dr rmh ke tmpt kwnnya(ga tau jg seh klo slingkuh ato ga) n srg blk tgh mlm,srg bohong n ketahuan trs..srg bohong alasan ini itu n smpe plg subuh..pas bsk2 ktahuan ribut dia mlh bela diri bknnya insaf/mnt maaf..uang gaji/uang tabungan slalu hbs2an dipakai dia diem2 ntah utk apa..cm smpe detik ini blm dpt bukti apa dia slingkuh..aq jg uda cape tny n slalu dpt pnjelasan ga msk akal..lama2 bosen hidup ky gini..pikirin anak aja makanya berusaha brtahan..

  76. dah 4 thun q brsmax dan punya ank 1 suami q jg brubah dlu bgtu lmbut n jg sbar tpi skrang hem…..slah ngomong dkit ja dah mrah2 mmbentak ngtain yg kasar bhkan prnah q dpkul sekali sampai sakit skali hati q bahkan jika q mnangis dbilang q mendramatisir keadaan tpi q ttp syang n jg cinta ntah q yg aneh tau gmna sdkitpun q tak pernah dendam jg benci ma dia meski q btuh waktu 2 sampai 3 hri lamax untuk mmulihkan prasaan q…q ttap sabar mski dia brubah q sllu brfkir dia brubah karena dia lgi stres msalah pekrjaannya dan jg lagi cpe….

  77. Baca komen di atas ternyata bukan cuma aku yg ngalamin. Klo mesra baik bgt. Klo lg berantem, kdg mukul, hinaan nyelekit, ngancam nikah lg, suruh pulang k rumah ortu, dll. Klo ngata2in lebih cerewet dr ibu2. Klo suami lg nyebelin rasanya aku nyesel nikah, kepala rasa mau pecah, dada rasanya mau meledak. Baca komen di atas, aku berkesimpulan kalau menikah pasti dibikin emosi, setidaknya pernah dibikin emosi, wong namanya 2 kepala pasti pemikiran beda. Klo blg nyesal ya gak ada guna. Mau nikah sama cowok lain, ya paling sama aja. Buktinya hampir semua ibu2 disini juga pernah disakiti suami. Ya tapi kalau anti menikah juga gak baik. Setidaknya pilih baik2 mumpung masih pacaran. Yg msh pacaran udh dipukul, buang aja, ngapain ragu2. Ibu2 disini gak bisa seenaknya cerai, udh telanjur nikah, udh punya anak. Yg msh pacaran kok bingung, tinggal putusin aja, cari yg lain. Tips dariku mungkin gak guna, tapi coba klo kerja bersih2 rumah usahakan di depan suami, biar dia tau kita kerja, untung2 bisa luluh. Kalau gak gitu dipikirnya lantai bisa bersih sendiri, piring dan cucian bisa bersih sendiri. Kalau bisa cari suami yg tenang, dewasa, dan selalu mengalah. Ganteng gak penting, kalau lg nyebelin ya terlihat kayak ******. Trus bila perlu minta obat penenang sama dokter, daripada jadi gila. Kalau gak salah namanya fluoxetin. Yg blm nikah jgn takut nikah. Ada juga kok bahagianya. Cuma ya harus realistis gak seindah di komik2 atau film korea.

  78. memang sebaiknya mengenali calon suami sebelum menikah, sy sebenarnya bersyukur karna sdh menikah , meskipun saat menikah usia sy 38 tahun, saat ini sy sdh berumah tangga 1 1/2 tahun , layaknya dalam rumah tangga banyak sekali ujian dan harus selalu bersabar, suami sy sering sekali marah2 bila keinginannya tdk terpenuhi apa lagi klau menyangkut kondisi keuangan tdk terpenuhi , maklum saja suami sy masih kuliah 8 th lebih muda dr pada usia sy , tp alhamdulillah sampai saat ini sy meskipun di marahi , di tendang sy cuma diam , percuma sy melawan , harus nya kita mengetahui watak suami kita sebelum kita menikah, hal ini yg hrs di perhatikan bagi teman2 yg blm menikah, kenali juga keluarganya, ya sy merasa bersalah karna keputusaan yg pernah sy ambil tp klau kita menyesali semua itu akan menambah dosa kita, yg saya lakukan sekarang ini selain berdoa dan menyerahkan semua masalah hanya pada ALLA SWT. YA ALLAH berilah kesabaran , mudahkan lah semua urusan , lapangkanlah rezeki , dan sehatkan badan sy.
    Saat ini sy merasa sendiri karna kleuarga sy juga menjauhi saya , banyak sekali permasalahan yg sy hadapi , mulai permasalahan dr pihak mertua , orang tua sy sendiri, tp sy yakin ALLAH selalu ada.

  79. hallo smuanya Alhamdulillah suami ku tela berubah,aku mu bagi doa ya,bagi yg muslim baca asmaul husna ya rachman ya rochim sebanyaknya abis tiap solat,ya Allah ya latief tiap abis solat baca yg banyak,doanya ini ya allah lenbutkan hati si anu bin anu kepada kami,bagi yg non muslim ikuti ni cara temenku dia puasa terus dia baca alkitab,smoga bermanfaat bagi anda smua,ku doakan kalian di lindungi oleh ALLAH

  80. ya Allah…..ternyata aq ga sendiri dengan cobaan seperti ini. suamiku kasarnya minta ampun. saat marah kelihatan banget kalo dia benci banget sama aq , kalo marah sering aq jadi sasaran amukan. mau pulang ke orang tua rasanya malu karena dulu pernikahan ini tidak disetujui. saat kondisi tenang ku ajak bicara “kalo memang sudah tidak sayang lebih baik pisah daripada menyakiti” selalu dijawab dia tidak berpikir kearah itu. meskipun aq bekerja serasa aq cuma numpang dia, padahal kalo dihitung……sampai kapan aq harus bertahan bersabar….anak-anakku merekalah semangatku untuk bertahan. Ya Allah jadikanlah suamuki laki2 yang sholeh berikanlah hidayah& petunjuk-Mu, bukakanlah hatinya, lembutkanlah perangainya untuk lebih dekat dengan-Mu

  81. Hanya ada satu kata yang tepat, kalo keadaan lagi memanas: GUE NGGAK TERIMA !!
    Ingat! Yang buat keadaan panas/parah begitu adalah setan. Setan yang bekerja didalam diri suami. Jadi tetap kasihi suami (kasih yang berasal dari Tuhan) ,tapi bilang GUE TIDAK TERIMA kalo dia lagi marah-marah,mukul,dsb,dsb.
    Harus bilang dengan sangat-sangat tegas. GUE TIDAK TERIMA !!!

  82. Ya Allah,,aku sudah tidak kuat dg pernikahan ini,3 bulan menikah slalu di warnai dengan pertengkaran. Setiap tingkah ku slalu salah,setiap kesalahanku slalu dia besar-besarkan,seakan-akan aku yg slalu terpojok. Mencaci maki di depan umum dengan kata Kasar dan Keras,,kata-kata yg tak pantas untuk di lontarka. Slalu menerapkan aturan-aturan ke saya sedangkan aturan itu tidak berlaku ke dirinya,slalu memberi sanksi ke saya sedangkan sanksi itu tidak berlaku ke dirinya. Saat ini hanya ada kata pasrah,ku serahkan semuanya pada Allah,walaupun nanti pada akhirnya aku pisah. Karna aku sudah tidak kuat dg perlakuan kasarnya.

  83. Semoga dari cara2 diatas aq bisa menjadi orang yg lebih sabar dalam menghadapi suami yang tempramental..meski kadang emosi ku juga masih belum terkendali apabila suami bersikap marah aq kdng juga ikut2an marah..sampai rasanya malu terdengar ke tetangga..astagfirullah..smg aq lebih sabar n menyerahkan ke Allah..

  84. Sesungguhnya para suami marah itu karena ada sebabnya. Seharusnya bisa diambil hikmah dr marahnya suami. Marah karena utk tujuan terbaik bagi keluarga, seharusnya istri mendukung, dan melengkapi. Karena perasaan suami mendahului segala perhitungannya.

  85. suami ku selalu merasa benar apa yg dilakukannya ,,, mau istri senang gak sennag terima gak terima baginya masa bodoh ,,,, memang laki2 itu taik

  86. Suami temparemental itu…Gampang marahnya tapi gak butuh waktu lama dia bakal manis lagi,bisa sehari aja paling lama ya tiga hari.
    ya…kalau sesekali sih gak papa,tapi kalau tiap minggu digituin……Bentak lagi trus baikan trus bentak lagi…Yang ada bida sakit jantung gw

Leave a Reply

