Tips Agar Bisa Hamil

Written by:

source : http://www.medicastore.com/med/hot_topik.php?id=71&iddtl=&idktg=&idobat=&UID=20080117141550202.152.161.231

28/02/2007 – http://www.mayoclinic.com

Beberapa pasangan mudah hamil namun bagi yang lain membutuhkan usaha lebih. Berikut ini yang anda perlu tahu dan kapan untuk mencari bantuan.

Pengetahuan Dasar Hamil

Setiap bulan, hormon dari kelenjar pituitary merangsang ovarium untuk melepaskan telur atau berovulasi. Hal ini sering terjadi sekitar hari ke-14 dari siklus menstruasi meskipun waktu yang tepat dapat bervariasi pada wanita dari bulan ke bulan.

Sekali telur dilepaskan, sel telur tersebut berjalan dalam tuba falopi. Jika anda ingin hamil, sekarang saatnya. Sel telur tersebut sekitar 24 jam untuk bersatu dengan sperma.

Sel-sel sperma dapat bertahan dalam saluran reproduksi selama 2-3 hari sehingga baik untuk melakukan hubungan seksual selama hari-hari berikut sampai ovulasi.

Jika sel telur dibuahi, sel telur berjalan sampai ke rahim 2 sampai 4 hari kemudian. Kemudian akan menempel dalam jalan rahim. Jika anda hamil, periode menstruasi anda akan berhenti saat tubuh anda mulai untuk mendukung embrio.

Namun, jika telur tidak dibuahi, sel-sel telur akan hancur dan anda akan mendapatkan periode menstruasi.

Kapan masa subur anda?

Mempelajari mengenai ovulasi dan menentukan kapan terjadinya ovulasi adalah hal yang sangat berbeda. Bagi kebanyakan wanita, bagaikan menembak target yang bergerak.

Pasang mata pada kalender

Gunakan organizer anda atau kalender biasa untuk menandakan mulainya periode mestruasi anda setiap bulan. Juga tulis jumlah hari setiap periode.

Jika anda memiliki siklus 28 hari maka ovulasi dimulai sekitar 14 hari setelah hari periode terakhir anda di mulai.

Namun, jika siklus anda tidak normal, jumlah hari dalam siklus paling pendek anda dikalikan 18. Ketika periode anda selanjutnya dimulai, hitung ke depan sebanyak hari tersebut. Ini merupakan kemungkinan yang masuk akal untuk masa subur anda.

Keuntungan menggunakan perhitungan kalender dapat dengan mudah dilakukan di atas kertas dan cara ini gratis. Tetapi, kerugiannya banyak faktor yang dapat mempengaruhi waktu ovulasi yang tepat termasuk sakit, stres, dan olahraga. Perhitungan hari sering tidak akurat terutama bagi wanita yang memiliki siklus yang tidak normal.

Perhatikan perubahan pada lendir leher rahim.

Sesaat sebelum ovulasi, anda akan melihat adanya peningkatan cairan sekresi vagina yang tidak berwarna dan licin jika anda memeriksanya. Cairan sekresi ini menyerupai putih telur mentah. Setelah ovulasi, cairan akan menjadi keruh dan lengket atau menghilang seluruhnya.

Keuntungan cara ini adalah perubahan sekresi wanita sering merupakan tanda yang akurat akan kesuburan yang akan datang. Hanya dibutuhkan pengamatan sederhana, terutama di dalam vagina. Kerugiannya menilai tekstur atau rupa sekresi vagina dapat bersifat subjektif.

Amati suhu tubuh dasar (basal body temperatur) anda

Ini adalah suhu tubuh saat anda beristirahat. Ovulasi dapat menyebabkan kenaikan suhu bertahap atau bahkan lonjakan tiba-tiba, biasanya berkisar 0,5 dan 1,6 derajat Fahrenheit (tidak sampai 1 derajat celsius).

Anda akan sangat subur selama 2 sampai 3 hari sebelum suhu tubuh naik. Anda dapat mengasumsikan bahwa ovulasi telah terjadi ketika suhu tubuh naik sedikit yang bertahan selama 3 hari atau lebih.

Gunakan termometer untuk mengukur suhu tubuh basal anda. Ukurlah suhu tubuh anda setiap pagi sebelum beranjak dari tempat tidur. Catat suhu tubuh anda dan buatlah polanya.

Keuntungannya cara ini mudah karena hanya menggunakan termometerdan sering bermanfaat untuk menentukan kapan anda ovulasi dan menilainya jika waktunya konsisten dari bulan ke bulan berikutnya.

Cobalah strip deteksi ovulasi

Strip untuk mendeteksi ovulasi yang dijual bebas dapat digunakan untuk memeriksa urin anda akan keberadaan hormon sebelum ovulasi. Untuk hasil yang akurat ikuti petunjuk pada label.

Strip deteksi ovulasi dapat mendeteksi waktu ovulasi. Bahakn dapat juga menyediakan tanda sebelum ovulasi terjadi. Strip deteksi ovulasi membutuhkan ketepatan waktu dan hubungan seksual yang tepat.

Maksimalkan kesuburan anda

Lakukanlah tips berikut untuk memaksimalkan kesuburan anda:

  • Lakukan hubungan seksual secara rutin.
  • Lakukan hubungan seksual sekali sehari saat mendekati waktu ovulasi.
  • Pilihlah gaya hidup sehat
  • Rencanakan masa sebelum menggunakan kontrasepsi (preconception)
  • Minum vitamin.

Tapi jangan lakukan hal berikut:

  • Merokok.
  • Minum alkohol.
  • Minum obat tanpa persetujuan dokter anda.

Kapan mencari pertolongan?

Dengan melakukan hubungan seksual sering dan tanpa proteksi, sebagian besar pasangan yang sehat dapat hamil dalam 6 bulan. Sekitar 90% pasangan yang sehat dapat hamil dalam 1 tahun. Lainnya membutuhkan pertolongan medis.

Jika anda berusia awal 30 atau lebih muda dan pasangan anda dalam keadaan sehat cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Anda perlu berkonsultasi lebih cepat jika berusia 35 tahun atau lebih, periode anda lebih dari 35 hari atau anda atau pasangan anda diketahui atau dicurigai mengalami masalah kesuburan.

Ketidaksuburan dialami oleh pria dan wanita tapi pengobatannya tersedia. Berdasarkan masalah yang diderita, ginekolog anda, dokter keluarga anda dapat membantu. Dalam beberapa kasus, spesialis kesuburan dapat memberikan harapan terbaik.

41 responses to “Tips Agar Bisa Hamil”

  1. syams

    assalamu’alaikum warahmatullah,,,,good luck tuk ukhti zakiatul hidayati.
    saya berusia 32th skrng dan pernah mengalami 2x ectopic pregnancy. walau demikian saya berharap suatu saat akan bisa hamil secara normal..insyaAllah…do’akan ya mba..

  2. wishbeukhti

    wa’alaykumsalam wr wb.. semoga Alloh SWT mengabulkan doa Mbak ya 🙂

  3. boedy

    sekali hubungan pun low benar-benar si dia lg subur ya bisa jadi……..

  4. broolee

    Ass,
    Saya sudah 3 tahun menikah tetapi masih belum di karunai keturunan, dari hasil pemeriksaan Dokter menyatakan bahwa kami berudua sehat, 2 tahun belakangan ini kami selalu ke Dokter untuk meminta bantuan secara medis agar istri saya bisa hamil dan kami mendapat keturunan. Disini saya meminta bantuan/nasehat apalagi yang harus bisa kami lakukan agar kami bisa mendapat keturunan. Sebelumnya Terimakasih.
    Wassalam

  5. Gadiez

    Ass,
    Saya ingin sekali mempunyai anak dari suami yang saya cintai & saya juga ingin memberikan cucu untuk ke-2 orang tua kandung saya & mertua saya, sudah 2 tahun pernikahan kami tapi kami belum juga dikaruniakan anak. Suami saya sumurnya 40 tahun & saya 22 tahun, kami beda jauh 18 tahun..apakah saya bisa hamil atau tidak?

  6. yuni

    umur saya 28 th,suami saya 43 tahun. dalam hubungan sex saya merasa kurang bergairah,dan kurang merasakan kenikmatan.kadang2 saya suka merasakan sakit jika saat berhubungan dan pernah jg keluar darah. saya bingung sebenarnya ad masalah ap dg diri saya. apakah saya punya kelainan. mohon penjelasan dan saran2nya. trim’s

  7. meiske

    mba, suami saya berumur 36 tahun saya 27 tahun sudah 1,5 tahun menikah tapi belum bisa hamil.Saya istri kedua, dan suami saya sudah punya anak perempuan berumur 8 tahun.Apakah penyebabnya ada di saya?.terima kasih.

  8. Ratna

    Sy b’usia hampir 30 th & suami 32 th.kami tlh menikah 3th,tp sampai saat ini sy blm jg hamil. Pernah pny masalah endometriosis & stlh diobati Alhmdllh kata dokter dah g ada & hasìl hSG tdk ada pnyumbatan. Tp kq sampe skrg blm hamil?

  9. inka mevlana

    sy 24 th dan suami 33 th. kami mnkh sdh 1 thn tp blm dikaruniai keturunan.menurut dokter kmi b2 baik – baik sj.tp smp skg koq blm hami????

  10. ara

    Sya sdh 4 th menikah ingin sgera di karuniai anak, 2 th yg lalu sy mgalami keputihan nonspesifik yg hilang timbul akibat bakteri doderloin yg terlalu banyak dlm rahim, dan sdh priksa kdokter serta pernah di fisioterapi rahimnya nmun msh mgalami keputihan. kt dokter sy msh memiliki peluang hamil, suami sdh mmiliki anak dri istri terdahulunya,usia sy 25 dan suami 45 nmun knp smpai saat ini sy blm hamil y?

  11. zivacantika

    SY

  12. Mutia

    Sy sdh 2 thn menikah, tapi belum dikaruniai keturunan. umur sy 24 thn dan suami 30 thn. sebelumnya saya punya kista, alhamdulillah skrg sudah hilang. dan saat ini pun kami sedang konsultasikan dgn DSOG, kata dokter kami berdua sehat2 sj. yang ingin saya tanyakan apakah saya bisa hamil jika sebelumnya saya punya kista ? Thanks,,,

  13. Mery kwee

    Belum mendapat momongan menikah selama 4 thn. Tolong donk sedih banget

  14. yuyun

    tetap berusaha dan berdoa… InsyaAllah bisa dikarunia anak, dan bs dipercayakan olehNYA. Amin…

  15. Diana

    Sya 31 thn & suami pun 31 thun. Kami sdh hdup brsama slama 3 thn. Tempat tinggal kmi brjauhan. Apkah itu bsa mjadi pybab mengapa sy blum hmil?

  16. loise

    saya pernah hamil 2 bulan setelah itu keguguran…. tetapi sampai saat ini saya juga belum dibisa hamil padahal udah 2 tahun ini….kami seedih banget padahal kami sudah sangat menanti kedatangaan sibuah hati,,,,, saya pengen bnaget agar bisa hamil lagi… gmana yach caranya…???????

  17. ren

    SMK,saya sudah bernikah selama 3 thn.saya btl2 mau cpt ada anak.kitran haid saya ok tapi lum ada rezeki .

  18. Yoni

    salam,
    bagi rekan-rekan yang ingin dibantu agar bisa hamil, saya siap membantu. dijamin memuaskan.

  19. yanti

    saya berumur 35 tahun suami 36 tahun, pernah kb setelah melahirkan anak pertama selama 2 tahun, sekarang anak kami sudah 8 tahun, saya belum juga bisa hamil tuk anak kedua, bagaimana itu mbak?

  20. dea

    ass,wr.wb
    saya sudah 3 tahun berumah tangga umur saya 28 tahun suami saya38 tahun, dari istri terdahulu suami saya memiliki anak , tapi kenapa kami dah 3 tahun menikah belum di kasih momongan, gmana solusinya tolong dong

  21. aisyah

    saya udah merid 1 thn 3 bln tapi sampai sekarng belum punya anak saya kepengin hamil gimana caranya saya tanggal 3 /05/2010 menstruasi sampai sekarg masih menstruasi udah 3 hari

  22. erny

    ass..yth..hamba allah,,mhon do’a smuax krn sdh 3 thn ini kmi berumh tgga blum dpt momongan,pdhl kmi sgt menghrpkn seorg anak yg lhir dr cinta yg slm ini kmi bina..alhamdllh saat ini kmi mngadopsi anak yg lucu, gnteng dn kmi sgt mnyayangix..smg khdirn dia membuka jln bg kmi utk mndptkn rezeki agr pnx adik.

  23. dewi

    saya sudah 1 tahun menikah tapi belum di karunia momongan saya sudah 30 tshun suami 37 tahun.sedih rasanya ngeliat teman yang udah punya anak..tapi kami tidak lupa berdoa sama Allah tiap waktu.

  24. Ayank indul

    Saya saat ini usia 35th suami 36th,saya sudah menikah 7 thn.sampai saat ini saya masih belum dikaruniai momongan.Kami berdua menginginkan sekali memiliki keturunan, mengingat saya sudah umur segini, jd pesimis..tp tetap berusaha dan berdoa.Mohon doa dari sodara2ku agar aku diberi keturunan.Aminn

  25. jessy

    ya

  26. evita

    kami nikah baru 7 bulan tp blm jga punya anak ! saya tinggal di kota suami saya yang sangat jauh dari keluarga saya yang mana bapa mertua saya kurang suka dengan saya karna saya dari keluarga yang ta sejajar dengan dia dan membuatnya benci am saya sehingga di pesta pernikahan kami bapanya ta hadir !saya ngerasa takut banget kalo sampe ta bisa punya anak rumah tanggaku akan hancur!

  27. dila

    Jangan pantang menyerah,usaha terus dan rajin berdoa.jgn lupa baca artikel diatas lalu dipratekkan.goodluck yah????????

  28. tiara

    ass..nama ku tiara umurku bru 17 taun aq stlah lulus smp aq nikah sma suami sya skrng…dan skrng usia suami sya 33 thn dan usia prnikahan kmi udah ngijak 2,3 thn tpi sya jga blm bisa hmil sya dulu pas bru mnikah sbln saya langsung hmil dan di usia 3 bln sya mngalami ke ggrn tpi kgguran itu tida wjr ssi janin tida ada dlm kandungan smpe sàat ini sya mnghrap kan si buah hati tlng sya bgi mna cra nya biar bsa hmil tlng..

  29. aiya

    Ass………..
    Saya berusia 30 tahun dan telah 3,5 tahun menikah tetapi kami belum dikaruniai keturunan. Tidak ada niat sama sekali untuk menundanya, tetapi memang baru dua tahun terakhir ini kami serius ingin segera mempunyai keturunan. Saya juga sering mengeluarkan cairan lendir tetapi kata dokter itu bukan masalah karena tidak bau dan gatal dan saya tidak mendapat obat apapun, hasil laborat itu tanda vaginitis. saya bingung lendir itu apa dan apa itu dapat menjadi penyebab saya belum dukaruniai keturunan sampai sekarang?Berdasar pemeriksaan saya mempunyai porsio yang dalam, bagaimana solusinya?

  30. risnawati

    ass…wr,wb saya wanita berusia 23 thn n suami sy berumur 40 thn, sudah 2 thn kami berumah tangga tp belum diberikan momongan padahal suami saya dari pernikahan pertamanya punya anak, mohon solusinya makasih n wslm

  31. fajar

    ass dok,saya umur 22 n suami saya umur 29 thn.saya menikah dah hmpir stengan thn,blm jg di karuinia ni anak,pdhal q pgn bgt dok,gmn cara nya bsa hamil doc.makasih,wss

  32. inay

    ass,
    sy berumur 22thn dan suami sy 29thn,,kmi sdh 2thn lebih menikah.. tp blm d ksih rezky uTk mendapatkan m0m0ngan,,suami sy sdh pernah menikah dan di pernikahannya yg terdahuLu ia sdh mempunyai 1 orang putra.. sy dl jg sempat 2 kali hamil,tp selalu keguguran.. tolong sy donk mba utk mengatasi hal ini,,mkasih..

  33. yuyun

    ass,
    sy wanita berumur 31thn dan suami sy 30thn,,sdh 2,5thn km menikah tp blm jg di karunia momongan.. siklus haid sy tdk pernak teratur kdng cm keluar sedikit dan beberapa hr kemudian kluar sngat deras dan suLit sekali di hentikan smpai sampai sy hrus memeriksakannya ke dokter dan minta resep dokter utk menghentikan haid saya.. tp menurt d0kter,rahim sy sehat2 saja,,apa mungkin karna saya wanita yang gemuk makanya sy sulit mendapatkan momongan… tolong d bantu mba,,trim’s..

  34. ida

    kenapa saya blum bisa hamil kami telah 1thun menikah saya umur 26thn suami saya 26thn juga tolong dong apa yang harus kami lakukan

  35. nelly

    Ass.. Sy umur 19thn dan suami sy umur 20thn, kami menikah udah 1thn 2bulan tp smpai skrg kami belum di karuniai momongan, knapa ya?? Gimana caranya spya sy bisa hamil?? Tolong dong kasih solusinya..

  36. Yang Nata Marga
  37. Mia

    Umur sy 30th dan suami 33th. Kami sdh menikah slma 5th, tp blm diksh ktrnan. Menurut hsl Hsg memang terjadi penyubatan pd saluran telur. Apakah sy msh bs hml, & apa yg hrs saya lakukan? Thanks

  38. Sheila

    Assalamualaikum wrb,sy brusia 19 thn dan suami sy 35 thn,smp saat ini kami blm jg d’karuniai anak smp usia pernikahan kami yg kini sudah 3 thn 23 hri blm jg ad tnda2,mohon doay bt tmen2 smua

  39. Hadi Anto

    saya udah 8 thn,menikah tp blm jg diberi keturunan,udah berobat,kata dr baik aja,tolong dong dicarika solusinya

  40. Dewi

    Assalam mu alaikum aq wanita 19thn sedangan suami 31thn kmi telah henikah 3thn tpi blum ada tanda2 k hamilan aq pernah ikut kb sunik selama 1thn tpi sekarang payudara terasa sakit perut pun terasa membesar aq minta do’a ya teman2 agar tanda2 inh benar aq hamil amin

  41. aning

    1 Mei ’12 yang lalu saya menikah. Alhamdulillah sekarang saya sudah hamil. Saya rajin browsing dan bertanya ke teman-teman yang sudah menikah bagaimana agar cepat mendapatkan momongan. Alhamdulillah, berhasil 😀
    Dari sebelum menikah saya rajin mencatat siklus menstruasi, kebetulan siklus saya teratur yaitu 26 hari. Dari sinilah saya tau masa subur saya adalah hari ke-13. Cara menghitungnya, jika tgl 7 Mei saya menstruasi, tanggal ini dihitung sebagai hari pertama siklus haid, sehingga hari ke 13-nya jatuh pada tanggal 19 Mei, berarti pada hari itu (menurut teori) saya sedang subur. Teman saya menyarankan untuk melakukan hubungan suami istri dari setelah menstruasi sampai hari ke 18 siklus. Kebetulan karena masih pengantin baru, suami juga antusias, sehingga saya-suami rajin melakukan hubungan suami istri hampir setiap hari (meski menurut beberapa orang hal ini justru tidak baik karena mempengaruhi kualitas sperma). Setelah suami klimaks dan sperma keluar, suami biasanya langsung mengangkat kaki saya, kemudian disenderkan ke dinding dan menaruh bantal di bawah pantat agar posisinya lebih tinggi dari badan. Hal ini dilakukan agar sperma tidak tumpah dan masuk ke rahim sehingga bisa terjadi pembuahan.
    Terima kasih, demikian share dari saya.

Leave a comment